Es cendol Yang Manis, Enak, Dan Seger

Cara Membuat Es cendol Yang Manis, Enak, Dan Seger

Assalamualaikum Sobat dapur, Salam Sobat!! Balik lagi nih sama bang sobat ganteng kesayangan kalian semua, kali ini bang sobat akan kembali memberikan para sobat dirumah resep menarik anti gagal yang insyaallah akan bermanfaat buat sobat di rumah. Kali ini bang sobat bakal kasih tau cara buat es cendol yang manis, enak, dan yang pastinya seger. Widihh makan cendol siang-siang panas pasti seger banget, apalagi buat buka puasa. Pas haus seharian, makan es cendol, beuhh mantep banget sob segernya. Penasaran cara buatnya? Yuk langsung aja ikutin bang sobat.

Bahan-bahan Cendol :

Tepung beras 100 gr
Tepung tapioka 100 gr
Air 750 ml
Pasta pandan ¼ sdm

 

Bahan untuk gula :

Air 350 ml
Gula merah 150 gr
Garam ¼ sdt
Gula pasir 2 sdm
Daun pandan 1 lembar
Tepung tapioca 1 sdm

Baca juga resep edisi puasa lainnya :

Cara Membuat :

  • Petama-tama masak tepung beras dan tepung tapioka dengan air. Masak dengan api kecil, aduk terus.
beri pasta pandan
  • Beri pasta pandan kedalamnya , aduk kembali hingga cendol mengental. Kita emang harus sabar kalo buat cendol karna membutuhkan waktu yang cukup lama.
Cendol mengental
  • Setelah terus diaduk hingga cendol mengental dan jadi, matikan kompor.
DIY cetakan cendol
  • Sekarang untuk mencetak, kita akan menggunakan alat pencetak. Gak punya alat nya? Tenang aja alat yang mau kita pakai ini itu DIY alias buatan sendiri sob. Gimana caranya? Cara nya gampang banget. Kaleng softdrink bekas kalian minum bisa kalian pake, tinggal di cuci aja, abis itupotong bagian atasnya dan bagian bawahnya sobat bolongin deh. Bisa pake paku atau bor, yang penting di bolongin deh. Abis itu nanti sobat bisa pakai sendok sayur atau apapun yang pas buat dorong adonanya dari atas. Ini alat juga cocok buat bikin putu mayang, kan kemarin ada yang bilang gak punya alat yang buat bikin putu mayang, bisa deh tuh kita pakai.

Masukan adonan ke dalam cetakan

Tekan menggunakan sendok sayur
  • Lanjut bikinnya, siapin wadah yang diisi air es dan es batu di dalamnya buat tempat jatuhnya adonan cendol nanti.
  • Lalu masukan adonan cendol tadi ke dalam alat pencetaknya, dorong menggunakan sendok sayur agar adonan bisa keluar dan jatuh ke dalam wadah. Panjang adonan bisa para sobat sesuaikansendiri sesuai kemauan. Lakukan terus hingga semua adonan cendol habis.
Masak bahan untuk gula cendol
hingga mencair
  • Selesai buat cendolnya, sekarang kita buat gulanya nih. Rebus 300 ml air, masukan irisan gula merah, gula, dan garam. Masukan juga satu lembar daun pandan. Aduk hingga semua bahan mencair dan tercampur rata.
Tuang seduhan maizena
  • Seduh satu sendok makan maizena dengan sedikit air, campurkan dengan gula tadi. Untuk menambah rasa, tambahan ptongan dadu nangka. Aduk rata hingga mendidih. Matikan kompor.

Masukan cendol

Tuang gula

Beserta santan
  • Untuk menyajikan cendol, tunggu hingga semua bahan dingin. Setelah bahan dingin, tuang es batu yang sudah dihancurkan kedalam gelas, kira-kira seperempat gelas. Tambahkan cendol diatasnya, banyaknya sesuai selera. Setelah itu siram cendol dengan gula nangka yang sudah dibuat tadi. Lalu santan yang sudah terlebih dahulu dimasak kita tuangkan diatasnya. Nahh jadi deh cendolnya..
Cendol pun siap disantap!!

Gimana sobat? buat yang mau coba bisa langsung aja coba, dijamin gak akan nyesel. Cocok banget buat di minum pas siang-siang, apalagi bentar lagi kan udah mau puasa, cocok banget nih buat berbuka puasa bersama keluarga, atau dijadikan ide bisnis. Pasti abis ini mau langsung coba kan? ayo kalo mau langsung coba silahkan para sobat dapur coba dirumah, siapkan bahannya terus tonton deh video resepnya di youtube nya Sobat Dapur biar makin jelas dan mengerti gimana cara buatnya. Selain itu masih banyak banget video resep resep lainnya yang gak kalah keren dan inspiratif di youtube channel nya Sobat Dapur. eittss tapi jangan cumaqn ditonton aja, bantu dukung Bang Sobat dengan Like, Coment, dan Subscribe channel nya jangan lupa juga tekan fitur loncengnya, biar kalian gak ketinggalan resep resep terbarunya Bang Sobat. Akhir kata wassalamualaikum wr. wb, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya…Salam Dapur!!

Please follow and like us:
20

1 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Buat Sayur ketupat Betawi Asli. Kental, Gurih, Mantap - Sobat dapur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.