Ayam geprek krispy sambal bawang

Ayam geprek krispy sambal bawang
Ayam geprek krispy sambal bawang

Ayam geprek krispy sambal bawang

Ayam geprek krispy sambal bawang perpaduan dari ayam krispy ala KFC dan sambal bawang membuat sensasi yang unik. Tepung yang krispy garing diluar ayam yang gurih dan sambel yang pedas, cocok untuk pecinta kuliner selera pedas, bakalan kepingin nambah terus. Ayam geprek ini muncul pertama kali di Jogja,dengan kreatifitasnya ayam ala KFC ditambah sambel jadi menu baru, yang sekarang menjadi makanan yang digandrungi banyak orang. Membuatnya gak sulit, asal bisa membuat ayam ala KFC dipastikan bisa membuat ayam geprek krispy sambal bawang . Nah karena Sobat Dapur sudah pernah membuat resep ayam ala KFC, pasti kamu-kamu sudah bisa dong teknik penepungan dan menggorengnya.

Oh ya, ada sedikit perbedaannya, kali ini Sobat Dapur menggunakan fillet ayam bagian dada yang diiris tipis, biar makannya gak keganggu tulang. Juga bumbu marinasinya berbeda dari ayam goreng ala KFC, karena makannya pake sambal jadi diayam tidak terlalu banyak memakai bumbu takut terkontaminasi rasa antara ayam dan bumbu, tapi gak papa sih kalo kamu mau pakai bumbu marinasi di ayam ala KFC, suka-suka aja yaaa.

Ayam geprek krispy sambal bawang
Ayam geprek krispy sambal bawang

Bahan tepung:

Terigu protein tinggi : 800 gr
Soda kue : 1 sdt
Kaldu bubuk ayam : 1½ sdt
Garam : 2 sdt
Lada bubuk : 1 sdt
Bawang putih bubuk : 2 sdt

Bahan rendaman ayam

Susu bubuk dancow (larutkan dengan air) : 2 sdm
Air putih : 3 liter

Bahan marinasi ayam

Ayam fillet bagian dada : 300 gr
Lada bubuk : 1/2 sdt
Bawang putih (haluskan) : 2 siung
Kecap asin : 1 sdt
Saus tiram : 1 sdm

Cara buat

Lihat juga resep pisang goreng madu ala Bu Naniek tanjung duren

Marinasi ayam

Satu ekor ayam yang berat bersihnya 1 kg dipotong 12 lalu cuci bersih, boleh juga jika ada berikan air jeruk pada ayam lalu cuci kembali, tiriskan.

Siapkan wadah baskom masukkan potongan ayam dan bumbu-bumbu marinasi aduk sambil diremas-remas dan tusuk-tusuk dengan garpu supaya bumbu marinasi lebih meresap.

Optional jika kita mengingkan bumbu marinasi benar-benar meresap sampai kedalam daging ayam, simpan dalam freezer pada wadah yang tertutup selama satu hari atau lebih (semakin lama semakin meresap).

Saat ingin mengolah ayam, keluarkan ayam dari dalam freezer letakkan disuhu ruang sampai ayam tidak lagi membeku.

Bahan tepung

Siapkan wadah baskom masukkan bahan-bahan tepung aduk sampai benar-benar tercampur rata.

Air rendaman

Larutkan susu bubuk dengan segelas air 200ml atau sobat bisa juga pake susu cair tanpa rasa/plain sebanyak 200ml lalu masukkan ke dalam wadah baskom yang berisi air 3 liter. Ini digunakan untuk merendam ayam pada saat penepungan.

Penepungan

1. Setelah semua bahan disiapkan saatnya kita melakukan penepungan. Dalam hal ini kita akan melakukan 3 kali penepungan dan 2 kali perendaman. Masukkan kurang lebih 6-7 potong ayam yang sudah tidak beku tetapi masih dalam keadaan dingin ke dalam baskom bahan tepung lalu aduk dengan kedua tangan dengan jari terbuka sambil sedikit diangkat. Ingat tidak boleh diremas, lakukan kurang lebih 12 kali angkat sampai terlihat semua ayam telah terlumuri tepung. Ini adalah penepungan yang pertama.

Penepungan ayam pertama
Penepungan ayam pertama

Saat penepungan ayam sedikit diangkat
Saat penepungan ayam sedikit diangkat

2. Masukkan ayam yang telah dilumuri tepung tadi ke dalam wadah air rendaman sampai benar-benar semuanya terendam, angkat lalu tiriskan. Saat merendam hanya sesaat saja yang penting semua potongan ayam terendam. Ini adalah perendaman yang pertama.

Merendam ayam

Tiriskan ayam
Tiriskan ayam

3. Masukkan kembali ayam ke dalam wadah bahan tepung aduk dengan kedua belah tangan dengan jari terbuka kurang lebih 12 kali angkat, hal yang perlu benar-benar diperhatikan jangan berlebihan saat mengaduk, apalagi diremas-remas hal ini jangan sampai dilakukan karena akan menyebabkan tepung menggumpal pada ayam dan menyebabkan ayam tidak keriting. Ini adalah penepungan yang ke dua.

Penepungan ayam yang kedua
Penepungan ayam yang kedua

4. Masukkan kembali ayam ke dalam wadah air rendaman, sesaat saja, lalu angkat dan tiriskan. Ini adalah perendaman yang kedua atau yang terakhir.

Perendaman ayam yang kedua
Perendaman ayam yang kedua

Tiriskan ayam
Tiriskan ayam

5.  Masukkan kembali ayam ke dalam wadah bahan tepung lakukan seperti penepungan yang kedua. Ini adalah penepungan yang ketiga atau yang terakhir.

Penepungan yang ketiga
Penepungan yang ketiga

Teknik menggoreng

Setelah penepungan selesai langsung goreng ayam pada wajan yang sudah diberi minyak goreng dengan suhu 150C. Yang sangat perlu diperhatikan disini adalah suhu minyak harus benar-benar stabil 150 C selama 10-12 menit.

Suhu minyak 150 C
Suhu minyak 150 C

Teknik menggoreng ayam fried chicken
Teknik menggoreng ayam fried chicken

Banyak orang gagal menggoreng ayam fried chicken yang renyah, yang matang sempurna baik luar maupun dalamnya disebabkan karena saat menggoreng suhu minyak tidak stabil 150 C dari awal sampai akhir. Ada yang bagian luarnya matang tapi bagian dalam ayam belum matang/masih berdarah, ada juga bagian dalamnya matang tapi bagian luarnya gosong, bahkan ada yang lebih buruknya lagi bagian luarnya gosong tapi bagian dalamnya malah belum matang.

fried chicken 11 bumbu rahasia
Ayam ala kfc yang sudah matang

Tips menggoreng ayam goreng krispy sambal bawang

Dalam hal ini solusinya adalah gunakan termometer minyak. Dengan termometer kita bisa mengatur suhu minyak menjadi stabil, kita bisa melihat penunjuk jarum termometer apabila suhunya kurang dari 150 C besarkan api, apabila suhunya lebih dari 150 C segera kecilkan api. Sehingga suhu minyak menjadi stabil. Saya jamin kalau sobat mengikuti baik resep maupun cara menggorengnya dengan benar hasilnya akan menjadi freid chicken yang sempurna. Cirinya adalah bagian luarnya renyah, keriting menggiurkan sementara bagian dalamnya matang sempurna tidak ada darah dalam ayam juga rasanyapun gurih kaya akan rempah-rempah meresap sampai kebagian dalam ayam.

Cara buat sambal

cabe rawit, cabe merah , bawang putih di ulek kasar, ditambah garam dan kaldu bubuk diulek lagi sampai rata terus disiram minyak panas dari bekas gorengan ayam, ulek lagi sampai rata. Oh ya untuk sambalnya cabenya suka-suka kamu yaa, kalo kamu pencinta pedas bisa pake cabe rawit semuanya, wow sensasi pedasnya bisa buat lidah kamu terbakar. Nah udah jadi deh penyajiannya gini yaa…sambel yang habis diulek, ambil ayam gepreknya, lalu geprek dengan ulekan bisa setengah hancur atau hancur sekalian. Terus pindahin ke piring saji, mantep banget pokoknya. Waktu itu Sobat Dapur bikinnya pas bulan puasa, makannya pas buka waaah enaaaaak banget.

Sambal ayam geprek
Sambal ayam geprek

Udah gitu aja, gampangkan cara buat ayam geprek krispy sambal bawang . Kalau belum jelas bisa lihat cara buatnya di channel You Tube Sobat Dapur. Selamat mencoba.

Please follow and like us:
20

6 Komentar

  1. Assalamu’alaikum bang,
    Sudah pernh bikin pempek yang lembut belum ya bang? Mungkin saya terlewat resep dan cara bikinnya yg pasti jadi. Trm kasih.

  2. Assalamualaikum bang sobat, maaf bang sy InsyaAllah mau usaha ayam geprek, bolehkah sy minta no wa bang sobat karena sy mau nanya nanya lebih detail,ini no wa sy bang 081350339031, Syukron ya bang sebelumnya,sy tunggu no wa bang sobat, jazakallahu Khoiron

  3. bang sobat, ane pengen belajar masak buat dagang, kira2 nerima murid kaga bang, basic ane tukang ac, udah liat video tetep aj kaga paham, lokasi ane di tambun kab bekasi, bales ya bang, wa.0856 9772 4974, ane serius bang sobat, makasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.