Bola ubi kopong

bola ubi kopong
bola ubi kopong

Bola ubi kopong

Bola bola ubi kopong salah satu jajanan yang juga lagi hits saat resep ini diposting, meskipun ubinya kopong tapi sensasinya gak kopong. Cita rasanya unik garing, manis, kenyal bagian kulit dalamnya, bener-bener bikin ketagihan. Meskipun ukurannya sebesar bola tenis meja (bola ping pong) pedagang menjual seharga Rp2.000/butir kedengarannya harganya mahal tapi menurut saya masih wajar karenan selain rasanya enak  dan gak bosenin juga cara buatnya lumayan susah. Percobaan pertama saya gagal total alias tidak kopong sama sekali, percobaan kedua lumayan agak kopong tapi luarnya belum garing, dipercobaan ketiga Alhamdulillah sudah kopong dan luarnya garing juga warnanya masih cerah alias tidak gosong. Yah memang menurut saya kunci keberhasilan adalah sabar dan gak gampang menyerah meskipun berdarah-darah  ha.ha..ha dah kayak perang aja berdarah-darah.

bola ubi kopong
bola ubi kopong

Bola ubi kopong ungu
Bola ubi kopong ungu

Oke langsung aja kita bahas resep dan penjelasan cara buatnya sebagai berikut;

Bahan

Ubi merah/ungu/putih : 250 gr
Gula pasir(yang sudah dihaluskan) : 40 gr
Tapioka : 100 gr
Baking fowder : 1/2 sdt
Garam : 1/4 sdt
Minya goreng (untuk menggoreng) : secukupnya

Lihat juga resep lainnya

Kue pukis pandan irit telur

Freid chicken 11 bumbu rahasia

Cara buat

ubi putih-ungu-merah
ubi putih-ubi ungu-ubi merah

Kukus ubi sampai matang. Setelah matang segera haluskan ubi selagi panas sampai benar-benar halus (tidak ada yang bergerindil), jika ubi sudah dingin agak sulit menghaluskanya dengan sendok sebaiknya haluskan dengan diulek.

haluskan ubi selagi panas
haluskan ubi selagi panas

Selanjutnya campurkan gula pasir halus, baking powder  dan garam lalu aduk sampai tercampur rata.

Masukkan tepung tapioka lalu uleni sampai kalis. Catatan terkadang beda jenis ubi beda kandungan airnya apabila kandungan airnya sedikit bisa ditambahkan air secukupnya agar mudah kalis (jangan sampai benyek ya).

Campur tapioka ke adonan ubi
Campur tapioka ke adonan ubi

adonan ubi yang sudah kalis
adonan ubi yang sudah kalis

Setelah adonona kalis tutup dengan plastik dan Istirahatkan adonan selama 30 menit sampai 1 jam.

Bulatkan adonan kurang lebih @ 10-15 gram, jangan terlampau besar karena beresiko tidak kopong.

Bulatkan ubi 10-15 gr
Bulatkan ubi 10-15 gr

bola ubi kopong 3 warna
bola ubi kopong 3 warna

Cara menggoreng

Siapkan wajan/penggorengan (lebih tebal lebih baik) tuang minyak goreng secukupnya nyalakan api besar,  segera masukkan adonan ubi yg sudah dibulatkan selagi minyak belum panas. Artinya ubi digoreng dengan minyak dingin yang tiba-tiba panas mendadak.

Masukkan ubi selagi minyak dingin
Masukkan ubi selagi minyak dingin

Setelah ubi naik kepermukaan minyak mulai ditekan perlahan (jangan langsung ditekan dengan kuat karena ubi yang permukaanya belum kokoh akan mejret/gepeng).

Tekan-tekan ubi yang sudah terapung
Tekan-tekan ubi yang sudah terapung

bola ubi kopong 3 warna
bola ubi kopong 3 warna

Balik-balik terus ubinya sambil ditekan-tekan perlahan sampai permukaan ubi kokoh. Jika sudah kokoh baru bisa ditekan dengan kuat, jangan kawatir jika ubi sudah kokoh gak akan mejret/gepeng. Hal inilah yang mencebabkan ubi menjadi kopong.

bola ubu ungu kopong
bola ubu ungu kopong

bola ubi merah kopong
bola ubi merah kopong

Okey sob apakah sudah mengerti penjelasan saya? kalau belum, bisa dilihat video tutorial dibawah ini. Dukung kami dengan memberikan like, comment, share dan subscribe. Ingat ya videonya jangan didownload itu perbuatan ilegal yang saya tidak izinkan. Terima kasih yang sudah mendukung kami.

Channel sobat dapur

Please follow and like us:
20

2 Komentar

  1. Salam kenal ya bang. Makasih atas share resepnya. Ini juga gak sengaja liat youtubenya bang sobat yg bola2 ubi. Ini baru selesai buat untuk yg 1x siey bang. Hasilnya ok kok buat yg baru nyoba 1x. Hasilnya belom kopong 100%. Masih ada sisa ubi 1/3 trus gak ngembang banged bang. Agak gosong. Kenapa ya bang? Apa kepanasan? Sehingga gak ngembang maksimal?
    Makasih atas jawabannya ya bang sobat.
    Wassalam,
    Novi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.