Cara buat karipap pusing atau Curry puff pastry

Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry
Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry

Cara buat karipap pusing atau Curry puff pastry

Halo sobat dapur semua, sudah lama nih gak bikin yang garing-garing gurih. Nah kali ini sobat dapur mau kasih resep dan cara buat karipap pusing atau curry puff pastry. Kenapa saya bilang curry puff pastry karena pada dasarnya adonan yang dibuat mirip adonan pastry, berlapis-lapis. Makanan ini terkenal di Malaysia dengan sebutan karipap pusing, karena layer-layernya muter jadi dibilang pusing.

Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry
Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry

Karipap pusing merupakan sejenis makanan yang popular di Malaysia, Thailand, Indonesia dan Singapura. Ia terdapat dalam pelbagai perasa, bergantung kepada isi di dalamnya. Bahan utama isi karipap ialah daging dan kentang.Wortel juga bisa digunakan sebagai isi karipap.Nama karipap boleh dikaitkan dengan isi tersebut, yang menggunakan serbuk kari sebagai bahan perasa Adakalanya sekarang, isi karipap boleh digunakan dengan merica atau lada hitam Isi ikan yang dibuat sebagai isi karipap, dikenali sebagai temosa.

Okey langsung aja kita praktekin Cara buat karipap pusing atau curry puff pastry. Yang pertama kita siapin dulu bahan-bahan berikut.

Adonan kulit karipap terbagi dua bagian yaitu; Adonan bagian luar (yang saya sebut adonan 1) dan adonan dalam (yang saya sebut adonan 2).

Bahan adonan 1 (adonan luar).

Terigu protein sedang 200 gr
Margarin 20 gr
Mentega putih/shortening 20 gr
Putih telur ayam 1 butir
Air 75 ml
Garam ¼ sdt
Kaldu bubuk ayam ¼ sdt

Bahan adonan 2 (adonan dalam).

Terigu protein sedang 100 gr
Margarin 30 gr
Mentega putih/shortening 30 gr

Bahan isi

Ayam fillet 100 gr
Kentang 150 gr
Wortel 150 gr
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 5 siung
Kari bubuk 1 sdt
Lada bubuk ¼ sdt
Kaldu bubuk ½ sdt
Gula putih ½ sdt
Garam ½ sdt
Air 20-30 ml
Minyak goreng 2 sdm

Cara buat adonan 1 (adonan luar)

  • Siapkan wadah, masukkan terigu protein sedang, garam dan kaldu bubuk aduk rata. Tuangkan putih telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk  (air jangan langsung dituang semua).
  • Setelah adonan mulai menggumpal, masukkan margarin dan mentega putih lalu diulenin. Lebih enaknya adonan diulenin langsung diatas meja dengan teknik menggilas. Apabila pada saat mengulenin adonan masih terasa keras/berat, tambahkan air sambil terus diulenin. Penggunaan air pada adonan relatif, tergantung jenis dan kondisi tepung itu sendiri. Misal, tepung protein tinggi akan lebih banyak menyerap air ketimbang terigu protein sedang terlebih lagi protein rendah. Begitu juga kemasan, kemasan terigu yang tertutup rapat dengan plastik akan lebih lembab dibanding terigu yang dikemas dengan karung. Sehingga kandungan airnya berbeda.Dalam hal ini tentunya penggunaan air dalam adonan menjadi relatif. Dalam resep ini saya menggunakan terigu protein sedang, jadi penggunaan air pada resep sebanyak 75 ml dihabiskan.

Cara mengulenin adonan karipap
Cara mengulenin adonan 1 karipap
  • Setelah adonan diulenin sampai kalis , bulatkan menjadi satu bulatan besar. Tutup dengan plastik, diamkan selama 15 menit.

Istirahatkan adonan simpan dalam kantong plastik
Istirahatkan adonan simpan dalam kantong plastik

Lihat juga resep buat donat pisang krispy

Cara buat adonan 2 (adonan luar)

  •  Siapkan wadah, masukkan terigu protein sedang, margarin, dan mentega putih. Campur semua bahan dengan menggunakan pisau pastry.
  • Lebih enak mengerjakannya   di atas meja, tuang adonan diatas meja, tekan-tekan ketiga bahan tersebut dengan menggunakan  pisau pastry, sampai membentuk butiran halus, Pada adonan kedua ini , adonan tidak diuleni tapi hanya sebatas mencampur saja.

Membuat adonan 2 karipap
Membuat adonan 2 karipap
  • Setelah semua tercampur, bentuk seperti satu bulatan besar , tutup dengan plastik, diamkan selama 15 menit.

Bulatkan adonan 2 dan simpan dalam plastik
Bulatkan adonan 2 dan simpan dalam plastik

Setelah adonan 1 dan adonan 2 didiamkan selama 15 menit bagi adonan masing-masing:

  • Adonan 1 bagi menjadi 7 bagian, timbang masing-masing @40 gr, lalu bulatkan.
  • Adonan 2 bagi menjadi 7 bagian, timbang masing-masing @20 gr, lalu bulatkan.

Bagi masing-masing adonan menjadi 7 bulatan
Bagi masing-masing adonan menjadi 7 bulatan

Sebelum adonan 1 dan adonan 2 digabungkan sebaiknya istirahatkan kembali sekitar 30 menit dan ditutup plastik.

  • Setelah diistirahatkan, lalu gabungkan kedua adonan tersebut dengan cara sebagai berikut, ambil satu bulatan adonan 1, lalu pipihkan. Kemudian ambil satu bulantan adonan 2 dan letakkan ditengah-tengah adonan 1 yang telah dipipihkan, lalu tutup/bungkus adonan 2 dengan adonan 1.

Pipihkan adonan 1
Pipihkan adonan 1

Letakkan adonan 2 di tengah-tengah adonan 1
Letakkan adonan 2 di tengah-tengah adonan 1

Tutup lalu bulatkan
Tutup lalu bulatkan

Tutup dan bulatkan
Tutup dan bulatkan
  • Ulangi cara diatas hingga semua adonan habis.
  • Istirahatkan kembali adonan yang telah digabungkan selama 1 sampai 4 jam dan ditutup dengan plastik agar adonan tidak kering (lebih lama lebih baik ya…).

Adonan 1 dan adonan 2 yang sudah digabungkan
Adonan 1 dan adonan 2 yang sudah digabungkan.

Sambil menunggu adonan kulit diistirahatkan, sekarang kita bikin adonan isinya dulu yaa.

  • Wortel kita potong dadu, kukus/rebus.
  • kentang kita potong dadu, kukus/rebus.
  • Ayam fillet kita cincang kasar, sisihkan.
  • Bawang merah dan bawang putih kita cincang kasar , sisihkan.
  • Siapkan wajan, masukkan 2 sdm minyak goreng untuk menumis.
  • Setelah minyak panas, masukkan bawang putih dan bawang merah tumis sampai harum.
  • Masukkan daging ayam, aduk-aduk tambahkan air sedikit , aduk kembali masukkan wortel, kentang yang telah dikukus.
  • Masukkan bumbu-bumbu; bubuk kari, garam, gula, lada bubuk, kaldu bubuk aduk-aduk kembali sampai tercampur ra tes icip.
  • Setelah rasanya sudah pas, matikan kompor.
  • Isian sudah jadi, sisihkan.

Bahan isian karipap
Membuat bahan isian karipap

Setelah adonan diistirahatkan selama 1 sampai 4 jam, saatnya kita membentuk karipapnya.

  • Ambil  satu bulatan adonan, gilas sampai tipis memanjang, lalu gulung dan padatkan gulungan tersebut, seperti kita menggulung tikar.

Giilas adonan memanjang
Giilas adonan memanjang

Gulung adonan
Gulung adonan

Padatkan gulungan dengan jari
Padatkan gulungan dengan jari
  • Gilas kembali hingga tipis secara memanjang, lalu gulung kembali dan padatkan gulungannya.

Gilas tipis memanjang
Gilas tipis memanjang

Setelah tipis, gulung kembali
Setelah tipis, gulung kembali

Gulung dan padatkan
Gulung dan padatkan
  • Setelah itu potong menjadi dua bagian sama rata.

Potong menjadi dua bagian
Potong menjadi dua bagian

Potong menjadi dua bagian
Potong menjadi dua bagian
  • Ambil satu bagian lalu pipihkan secara melingkar (disini akan terlihat perbedaan warna yang melingkar)

Pipihkan dan buat melingkar
Pipihkan dan buat melingkar
  • Isi adonan yang sudah dipipihkan tersebut dengan bahan isian (bagian yang nampak perbedaan warna melingkar diposisikan bagian luar karipap).

Isi dengan bahan isian
Isi dengan bahan isian
  • Tutup dan kunci dengan jari dan jempol, setelah itu cubit dan lipat seperti membuat pastel.

Tutup dan kunci
Tutup dan kunci
  • Lakukan dengan cara yang sama hingga adonan habis.

Karipap siap digoreng
Karipap siap digoreng

Cara Menggoreng.

Setelah dijelaskan cara buat karipap pusing atau curry puff pastry sekarang kita tinggal cara menggoreng.

  • Panaskan minyak hingga suhu 150 c, lalu goreng karipap sambil dibalik-balik hingga matang atau sudah berwarna coklat keemasan.
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Angkat karipap dan tiriskan
Angkat karipap dan tiriskan

Karipap pusing siap dihidangkan.

Karipap pusing (curry puff)
Karipap pusing (curry puff)

Nah sudah selesai deh cara buat karipap pusing atau curry paff pastry. Gimana susah apa gampang? kalau ada yang belum mengerti sebaiknya lihat video tutorialnya supaya gampang dimengerti jadi gak gagal paham. Karena karipap tergolong sulit makanya saya banget-banget merekomendasikan simak dulu videonya baru deh dipraktekin. Okey jangan lupa subscribe, like, comment dan share link-nya ya… Terima kasih.

Sampai berjumpa kembali diresep berikutnya. Wassalam.

Please follow and like us:
20

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.