Cara Buat Putu Mayang Yang Lembut, Kenyal, Enak Banget

Putu mayang

Cara Membuat Putu Mayang

Assalamualaikum Sobat Dapur, Salam Dapur! Balik lagi bersama bang sobat, kali ini bang sobat bakal kasih tau resep cara membuat Putu mayang, Putu mayang ini dijamin rasanya kenyal, legit, gak keras, dan kuah nya juga ok banget, gurih, manis, pokonya mantep. Yaudah langsung ikutin aja cara bikin nya.

Bahan-bahan kue :

Teoung beras 250 gr
Tepung tapioka 100 gr
Gula pasir 45 gr(3 sdm)
Garam 1/4 sdt
Santan Kental 500 ml
Pewarna makanan (merah dan hijau) secukupnya

Bahan untuk kuah :

Gula merah 250 gr
Gula pasir 30 gr (2sdm)
Santal Kental 500 ml
Daun pandan 1 lembar

Baca juga resep edisi puasa lainnya :

Cara Membuat :

  • Cara membuatnya adalah, masukan tepung beras ke dalam wadah panci. Lalu tuang kira-kira setengah santan kedalamnya. Aduk agar saat dimasak nanti tidak menggumpal, jadi kita bantu cairkan. Aduk hingga tidak ada gumpalan-gumpalan lagi.
  • Setelah itu, masak dengan api kecil, tuang sisa santan tadi. Tuang juga gula dan garam. Aduk terus hingga mengental.
adonan mulai mengental
  • Saat adonan sudah mulai mengental, percepat adukan hingga kental dan mengering, tujuannya agar tidak putus saat nanti di cetak.
adonan mengental dan mengering
  • Setelah adonan sudah mengental dan mengering, matikan kompor, lalu masukan tepung tapioka sedikit demi sedikit, Aduk hingga rata. Tujuannya agar adonan nya kenyal tapi tidak keras, makanya tepung tapioka ini kita beri saat sudah matang.
bagi menjadi 3 bagian, warnai adonan
  • Setelah adonan tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian. Taruh di tempat yang berbeda. Karna biasanya putu mayang yang dijual itu ada 3 warna yaitu, merah, hijau, dan putih. jadi beri pewarna makanan warna hijau ke wadah satu dan pewarna merah di wadah yang satunya lagi, sedangkan wadah satunya biarkan berwarna putih. Beri pewarna kira-kira 4-5 tetes, lalu aduk hingga tercampur rata.

masukan adonan ke dalam cetakan

tekan adonan sambil bergerak memutar

Lakukan terus hingga adonan habis
  • Selanjutnya siapkan loyang untuk mengukus. Oleskan minyak terlebih dahulu agar tidak lengket.
  • Sekarang saat nya mencetak. Masukan salah satu adonan ke dalam cetakan putu mayang hingga penuh. Lalu dorong adonan sambil diputar agar berbentuk. Lakukan hal yang sama pada adonan lainnya.
  • Langkah selanjutnya, Kukus adonan kurang lebih selama 20 menit. Setelah matang, matikan kompor lalu angkat.
kuah putu mayang
  • Untuk membuat kuahnya, iris-iris gula merah, lalu masukan ke dalam panci bersama santan, gula pasir, daram, daun pandan agar wangi. Masak hingga mendidih.
  • Sajikan putu mayang bersama siraman kuah. Dan putu mayang yang kenyal nan legit pun siap disantap.
Putu mayang siap di sajikan

Gimana sobat? buat yang mau coba bisa langsung aja coba, dijamin gak akan nyesel. Cocok banget buat di makan pas siang-siang, apalagi bentar lagi kan udah mau puasa, cocok banget nih buat berbuka puasa bersama keluarga, atau dijadikan ide bisnis. Pasti abis ini mau langsung coba kan? ayo kalo mau langsung coba silahkan para sobat dapur coba dirumah, siapkan bahannya terus tonton deh video resepnya di youtube nya Sobat Dapur biar makin jelas dan mengerti gimana cara buatnya. Selain itu masih banyak banget video resep resep lainnya yang gak kalah keren dan inspiratif di youtube channel nya Sobat Dapur. eittss tapi jangan cumaqn ditonton aja, bantu dukung Bang Sobat dengan Like, Coment, dan Subscribe channel nya jangan lupa juga tekan fitur loncengnya, biar kalian gak ketinggalan resep resep terbarunya Bang Sobat. Akhir kata wassalamualaikum wr. wb, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya…Salam Dapur!

Please follow and like us:
20

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Pastel Pastry Renyah, Gurih, Anti lembek - Sobat dapur
  2. Rendang Padang Asli Enak Dan Tahan Lama - Sobat dapur
  3. Es cendol Yang Manis, Enak, Dan Seger - Sobat dapur
  4. Cara Mudah Membuat Opor Ayam Enak, Spesial Lebaran!! - Sobat dapur
  5. Tips Buat Ketupat Yang Lembut Dan Tidak Mudah Basi - Sobat dapur
  6. Cara Buat Sayur ketupat Betawi Asli. Kental, Gurih, Mantap - Sobat dapur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.