Cara buat telur gulung sosis

Telur gulung sosis
Telur gulung sosis

Cara buat telur gulung sosis

Hai..hai..apa kabar semuanya ? Wah ..ga berasa ya udah mo wiken lagi nih..Kali ini sobat dapur mau menjelaskan cara buat telur gulung sosi, Jajanan jaman now yang disukai jaman old..hehehe..telur gulung sosis mantap…

Telur gulung itu jajanan anak SD yang masih ada sih sampai sekarang. Jadi telur yang dikasih air, digoreng dengan minyak yg banyak, nah nanti telur akan terbentuk seperti serabut-serabut terus dimakannya pake saos..ehmm pokoknya enak deh . Kalo sobat dapur akan menambahkannya dengan sosis, jadi kebayang dong makan telur gulungnya aja enak apalagi ditambah sosis yaaa.

Cara buat telur gulung sosis
Cara buat telur gulung sosis

Telur gulung jajanan jaman old diinovasi menjadi jajanan jaman now. Rasanya emang enak paduan telur yang diolah semacam kremes akan tetapi tidak garing ditambah sosis. Mungkin kita sudah bosan makan sosis bakar coba dengan yang satu ini sosis telur gulung ditambah toping saus dan mayonais wah mantap banget deh. Telur gulung bisa dijual atau dibeli di jajanan sekolah harganya murah meriah. Untuk yang mau bisinis telur gulung modalnya gak besar kisaran 5 jt an kita sudah bisa jualan. Meskipun modalnya gak besar tapi omset jangan disepelein bisa ratusan juta perbulan loh, Gak percaya? cari aja di youtube ada orang yang ngevlog pedagang telur gulung omsetnya ratusan juta perbulannya, gokil ya..

Ya udah mending kita langsung buat aja ya…

Bahan

Telur ayam : 4 butir
Tepung tapioka : 6 gr (1/2 sdm)
Bawang putih : 2 siung
Garam : 1/4 sdt
Lada bubuk : 1/4 sdt
Kaldu bubuk : 1/4 sdt
Air putih : 80 ml (16 sdm)
Sosis : 9 batang
Mayonais : Secukupnya
Saus pedas : Secukupnya

Bahan telur gulung sosis
Bahan telur gulung sosis

Lihat juga resep es teler segar

Cara buat

Cara buatnya gampang banget kok…ikutin step by stepnya yaaa

  • Masukkan telur, bawang putih, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, tapioka,air ke dalam botol yang ada tutupnya (seperti botol yang buat saos, mayones itu yaa) kocok-kocok biar semuanya tercampur, kurang lebih 2-3 menit tujuannya sih biar semuanya tercampur rata, jangan terlalu banyak buihnya, jadi wajar aja pengocokannya. Atau bisa juga dikocok pake whisk atau mixer.

Masukkan bahan kedalam botol
Masukkan bahan kedalam botol

Kocok semua bahan
Kocok semua bahan
  • Setelah tercampur, tuang dalam mangkok.

Tuang ke mangkok
Tuang ke mangkok
  • Siapkan sosis (rasa ayam atau sapi), bisa dipotong jadi 2 kalau merasa kegedean atau pengen irit hehe, beri tusukan.

Tusuk sosis
Tusuk sosis

Goreng sosis
Goreng sosis
  • Siapkan penggorengan, isi minyak kurang lebih 3/4 dari besar penggorengan. Panaskan dengan api sedang
  • tunggu sampai suhu 150 c, setelah suhu sudah 150c goreng sosis sampai kecoklatan. Sisihkan

Sosis yang sudah matang
Sosis yang sudah matang
  • Tuang adonan telur 1/2 centong, Nanti telur akan membentuk butiran – butiran halus, masukkan sosis dari pinggir lalu gulung telor perlahan-lahan, padatkan sambil meniriskan minyak.

Tuan adonan telur ke minyak panas
Tuan adonan telur ke minyak panas

Gulung sosis dengan telur
Gulung sosis dengan telur dari pinggir

Gulung sosis dengan telur
Gulung sosis dengan telur

Gulung sosis dengan telur
Gulung sosis dengan telur

Gulung sampai telur habis
Gulung sampai telur habis

Telur gulung sosis sudah jadi
Telur gulung sosis sudah jadi
  • lalukan sambai habis
  • sosis siap dihidangkan bisa ditambahkan saos sambal, saos tomat, mayones.

Berikan toping mayonais dan saus
Berikan toping mayonais dan saus

Gampangkan, masih bingung bisa dilihat di Channel Youtube Sobat Dapur.

 

Selamat mencoba jangan lupa yang belum subscribe silahkan disubscribe supaya gak ketinggalan video-video terbaru sobat dapur lainnya.

Please follow and like us:
20

3 Komentar

  1. Bang Sobat,
    Kalo tepung tapioka diganti Maizena (tepung jagung), beda nya apa pernah coba tidak? soalnya resep yg lain pakai maizena
    mau tanya beda dan hasil gorengannya?

    Terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.