Cara Membuat Pastel Pastry Renyah, Gurih, Anti lembek

Pastel Pastry Renyah

Cara Membuat Pastel Pastry Renyah, Gurih, Anti lembe

Assalamualaikum Sobat Dapur, Salam Sobat!! Balik lagi nih sama bang sobat ganteng kesayangan kalian semua, kali ini bang sobat akan kembali memberikan para sobat dirumah resep menarik anti gagal yang insyaallah akan bermanfaat buat sobat di rumah. Kali ini bang sobat bakal bikin pastel, wih nih pastel garing dan renyah banget, klarna ini pastel kulistnya pake kulit pastry. Gimana cara buatnya? Nih bang sobat bakal ajarin cara bikin pastel pake kulit pastry. Cekidot..

Bahan-bahan isian :

Wortel 150 gr
Kentang 150 gr
Telur Rebus 2 butir
Saus tiram 1 sdm
Lada bubuk ¼ sdt
Kaldu bubuk ¼ sdt
Bawang Merah 2 siung
Bawang putih 2 siung
Garam ½ sdt
Gula pasir ½ sdt

 

Bahan-bahan kulit :

Terigu protein sedang 300 gr
Bawang putih bubuk ¼ sdt
Garam ¼ sdt
Kaldu bubuk ¼ sdt
Margarin 50 gr
Mentega putih 60 gr
Air putih 100 ml

 

Baca juga resep edisi puasa lainnya :

Cara Membuat :

Aduk adonan

adonan setengah kalis

diamkan dalam plastik selama 6 jam
  • Pertama-tama kita akan membuat kulit pastel nya, caranya masukan tepung terigu dengan bawang putih bubuk, garam, dan kaldu bubuk menjadi satu lalu aduk hingga rata.
  • Setelah rata, masukan margarin dan air. Aduk kembali. Kalo para sobat mau adonan lebih cepat jadi dan kalis para sobat bisa pakai mixer. Tapi disini bang sobat bakal kasih tips biar adonan bisa kalis dan bagus tanpa mixer. Jadi sobat dapur harus menguleni adonan tadi hingga setengah kalis. Saat sudah setengah kalis taruh adonan ke dalam plastic, setelah itu diamkan adonan selama 6 jam. Dengan begitu adonan akan kalis dengan sendirinya.
masak isian untuk pastel
  • Selagi menunggu adonan kalis, kita bisa mulai membuat isiannya. Pertama kita Rajang halus bawang merah dan bawang putih, Lalu tumis hingga harum. Setelah itu masukan kentang dan wortel yang sudah direbus dan dipotong dadu terlebih dahulu. Masukan lada, garam, gula pasir, dan saus tiram agar lebih gurih. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur rata. Setelah matang matikan kompor.

roll adonan

oleskan mentega putih
  • Kita kembali pada adonan. Adonan yang sudah kita diamkan selama 6 jam tadi kita bentuk. Pertama taburkan terigu pada alas untuk membentuk adonan. Roll adonan, karna sudah didiamkan saat di roll akan lebih mudah dan elastis.
  • Roll adonan memanjang, lalu oleskan mentega putih diatasnya, jangan seluruhnya, sisakan di setiap pinggirannya kira-kira 2 cm.

Lipat menjadi dua kearah tengah

Lipat kembali hingga tertutup

roll kembali
  • Adonan yang sudah di oles dengan mentega putih, kita lipat menjadi dua bagian kearah tengah, lalu lipat tutup kembali. Pasyikan bagian pinggir adonan tertutup sehingga mentega tidak meluber keluar.
  • Setelah itu roll kembali adonan menjadi pipih.

Lipat sekali lagi

roll hingga pipih
  • Lipat lagi sekali, lalu roll kembali hingga adonan menjadi tipis. Tingkat ketebalan bisa disesuaikan sesuai selera.

Bentuk adonan menjadi lingkaran

hasil cetakan
  • Adonan yang sudah tipis, kita cetak menjadi bula menggunakan mangkok kecil atau mangkuk ukuran sesuai kemauan. Lalu potong menggunakan pisau. Jadi hasilnya akan menjadi lingkaran. Ulangi terus hingga adonan habis tercetak.
beri isian
  • Adonan yang sudah dicetak berbentuk lingkaran, kita isi dengan isian yang sudah dibuat tadi.
lipat, bentuk pastel

 

hasil bentukan pastel
  • Lipat adonan menutupi isian. Lalu cubit-cubit bagian pinggir hingga tertutup.
  • Lalu setelah itu cubit dan lipat-lipat bagian pinggir seperti membuat pastel pada umumnya. Lakukan hal yang sama pada adonan lainnya.
Goreng pastel
  • Setelah semua selesai di bentuk, goreng pastel dengan minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  • #TIPS, buat sobat dapur yang misalkan gak mau di goring langsung semuanya, misalnya cuman mau goring setengahnya terus setengahnya lagi mau di goreng nanti tapi sobat maunya nanti bisa tetap renyah, para sobat dapur bisa menggoreng pastel sampai setengah matang dengan api besar dan minyak panas, lalu masukan ke dalam freezer. Nanti kalo mau makan lagi tinggal goreng sampai matang.

Gimana sobat? buat yang mau coba bisa langsung aja coba, dijamin gak akan nyesel. Cocok banget buat di makan pas siang-siang, apalagi bentar lagi kan udah mau puasa, cocok banget nih buat berbuka puasa bersama keluarga, atau dijadikan ide bisnis. Pasti abis ini mau langsung coba kan? ayo kalo mau langsung coba silahkan para sobat dapur coba dirumah, siapkan bahannya terus tonton deh video resepnya di youtube nya Sobat Dapur biar makin jelas dan mengerti gimana cara buatnya. Selain itu masih banyak banget video resep resep lainnya yang gak kalah keren dan inspiratif di youtube channel nya Sobat Dapur. eittss tapi jangan cumaqn ditonton aja, bantu dukung Bang Sobat dengan Like, Coment, dan Subscribe channel nya jangan lupa juga tekan fitur loncengnya, biar kalian gak ketinggalan resep resep terbarunya Bang Sobat. Akhir kata wassalamualaikum wr. wb, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya…Salam Dapur!

Please follow and like us:
20

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Es cendol Yang Manis, Enak, Dan Seger - Sobat dapur
  2. Rendang Padang Asli Enak Dan Tahan Lama - Sobat dapur
  3. Cara Buat Sayur ketupat Betawi Asli. Kental, Gurih, Mantap - Sobat dapur
  4. Tips Buat Ketupat Yang Lembut Dan Tidak Mudah Basi - Sobat dapur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.