Roti Tawar Untuk Roti John Tanpa Mixer, Empuk Dan Enak

Cara Membuat Roti Tawar Untuk Roti John

Assalamualaikum Sobat Dapur, Balik lagi nih sama bang sobat ganteng kesayangan kalian semua, kali ini bang sobat akan kembali memberikan para sobat dirumah resep menarik anti gagal yang insyaallah akan bermanfaat buat sobat di rumah. Kali ini bang sobat bakal kasih tau cara buat Roti tawar untuk roti John tanpa Mixer!! Ini roti lembut banget ya, halus, gak pecah-pecah. Juga bagian dalamnya seratnya rapat, padat, pokoknya bagus banget deh. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk ikutin Bang sobat buatnya.

Baca Juga Brownies Pisang Kukus, Favorit anak

Bahan-bahan :

Bahan-bahan roti
  • Adonan 1

Terigu protein tinggi 500 gr
Gula pasir 100 gr
Telur ayam 2 butir
Susu bubuk 60 gr
Garam ½ sdt
Air putih biasa 200 ml
Margarin 30 gr
Mentega putih 70 gr

 

  • Adonan 2

Terigu protein sedang 100 gr
Ragi instan 1 sdt (5 gr)
Air es 70 ml

 

Cara Membuat :

  • ADONAN 1
masukan terigu, susu bubuk, gula pasir
  • Untuk adonan pertama, masukan terigu protein tinggi, susu bubuk, dan gula pasir menjadi satu. Diadonan pertama kita tidak memakai ragi.

masukan telur

aduk rata, masukan air, aduk kembali
  • Masukan dan air telur ke dalamnya. Adukhingga rata.

  • Uleni adonan hingga setengah kalis, beri margarin dan mentega putih sedikit demi sedikit. Uleni kembali dengan teknik menggilas. Terus beri margarin dan mentega putih sedikit demi sedikit hingga habis.
tutup adonan dengan plastik diamkan selama 6 jam
  • Setelah tercampur rata, taruh dan tutup adonan dengan plastik. Karna kita bikin adonan nya gak pake mixer, biar kalis kita Istirahatkan adonannya selama 6 jam. Adonan nanti akan kalis dengan sendirinya.
Masukan semua bahan adonan 2
  • Setelah adonan sudah di istirahatkan selama 6 jam, sekarang kita membuat adonan kedua. Campur terigu protein sedang dengan ragi dan air, aduk dan uleni hingga adonan kalis dan lemas.

gabungkan adonan satu dan adonan 2

uleni hingga tercampur rata

setelah kalis, tutup dengan plastik
  • Setelah adonan kedua kalis, gabungkan dengan adona pertama. Campur adonan hingga benar-benar tercampur merata. Diamkan dan istirahatkan adonan selama 10 menit.

setelah 10 menit, buka

ptong menjadi 3 bagian

roll adonan
  • Sesudah didiamkan selama 10 menit, bagi adonan menjadi 3 bagian. Roll memanjang hingga adonan pipih dan tidak ada udara dalam adonan.

gulung adonan

Hasil gulungan

diamkan selama 1 jam

setelah satu jam
  • Jika adonan sudah pipih, sekarang gulung adonan, caranya gulung adonan rapat sambil di tekan-tekan. Istirahatkan kembali adonan dengan ditutupi plastic selama 1 jam hingga mengembang.
Oven adonan
  • Selanjutnya, oven adonan di suhu 150 derajat. Oven hingga kurang lebih setengah jam.

roti matang

oles dengan margarin
  • Setelah roti matang, oleskan roti dengan margarin. Roti tawar untuk roti john yang lembut pun jadi!!
Roti tawar pun jadi!!

Gimana sobat?Ternyata bias ya kita bikin roti john yang hasilnya lembut gitu tanpa bantuan mixer. Cocok banget nih buat para sobat dapur yang pengen bias bikin roti kayak gini tapi gak punya mixer. buat yang mau coba bisa langsung aja coba, dijamin gak akan nyesel. Cocok banget buat buat dimakan bersama keluarga, atau dijadikan ide bisnis dengan untung yang besar.

Pasti abis ini mau langsung coba kan? ayo kalo mau langsung coba silahkan para sobat dapur coba dirumah, siapkan bahannya terus tonton deh video resepnya di youtube nya Sobat Dapur biar makin jelas dan mengerti gimana cara buatnya. Selain itu masih banyak banget video resep resep lainnya yang gak kalah keren dan inspiratif di youtube channel nya Sobat Dapur. eittss tapi jangan cumaqn ditonton aja, bantu dukung Bang Sobat dengan Like, Coment, dan Subscribe channel nya jangan lupa juga tekan fitur loncengnya, biar kalian gak ketinggalan resep resep terbarunya Bang Sobat. Akhir kata wassalamualaikum wr. wb, sampai jumpa di resep-resep selanjutnya…Salam Dapur!!

Please follow and like us:
20

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.