Es teler segar

Es teler segar mantap
Es teler segar mantap

Es teler segar

Musim panas gini segar banget minum es teler segar apalagi buah-buahannya sudah lengkap. Es teler emang cocok banget di minum dalam cuaca panas-panas kayak gini. Banyak orang sering salah sebut antara es teler dan es buah, karena memang hampir-hampir mirip sih dari tampilannya, tapi tetap aja ada perbedaannya loh.

Es teler segar
Es teler segar
  • Gula , gula es teler aromanya beda dengan es buah. Kalo es teler gulanya aroma pandan dan vanili, sedangkan es buah hanya gula saja.
  • Isiannya, isian es teler tidak sebanyak es buah. Es teler hanya menggunakan buah alpukat, kelapa muda, nangka, buah atep yang di iris serta kadang ada penambahan rumput laut.

Sedangkan es buah rasanya lebih beragam, karena namanya saja es buah tentu bermacam-macam buah                       masuk ke dalam 1 mangkok es buah diantaranya melon, blewah, alpukat, kelapa muda, strawbwery di tambah

pelengkap lainnya, seperti agar-agar, sagu mutiara dan lain-lain.

Karena Sobat Dapur sudah pernah membuat resep es buah, kali ini Sobat Dapur mau memberikan resep es teler.

Bahan es teler
Bahan es teler

Bahan isian

Nangka : 150 gr
Alpukat : 1 buah
Kolang-kaling : 100 gr
Kelapa muda : 1 buah
Agar-agar : 100 gr

Bahan toping

Susu kental manis : 1 kaleng
Sirup vanili : secukupnya
Es serut : secukupnya

Bahan air gula

Gula pasir : 200 gr
Daun pandan : 3 lembar
Garam : 1/4 sdt
Vanili bubuk : 1 sdt

Cara buat

Nangka potong dadu.

Nangka potong dadu
Nangka potong dadu

Kolang kaling iris tipis memanjang, lalu dicuci bersih kemudian direndam air panas yang mendidih.

Kolang kaling potong tipis memanjang
Kolang kaling potong tipis memanjang

Agar-agar potong dadu

Kelapa dikerok

Alpukat dikerok

Isian es teler
Isian es teler

Lihat juga Resep cap cay chinese food

Cara buat air gula

Masukkan air dan daun pandan kedalam panci lalu masak hingga mendidih, lalu masukkan gula pasir, garam dan vinili hingga semua bahan larut. Angkat dan dinginkan.

Siapkan wadah masukkan semua bahan isian lalu masukkan air gula kemudian berikan bahan toping.

Seger, nikmat sampe tetes terakhir deh… gak percaya buktiin aja.

Es teler segar mantap
Es teler segar mantap

Di indonesia ada yang namanya es teler 7* terbesar dan terkenal ada beberapa cabang di Nusantara rasanya seger dan enak tapi es teler bang sobat gak bakalan kalah deh. Okey  gaes sebelum dipraktekin bikin es telernya dilihat dulu video tutorial cara buat es teler segernya biar tambah jelas.

 

Please follow and like us:
20

2 Komentar

  1. Saya ibu rumah tangga saya kepingin bikin es teller resep bang Sobat. saya mau minta izin untuk di ketik dan di print soalnya sering lupa kalau di baca dan di inget. Terima kasih banyak dengan video-video YouTube nya. Semoga tetap semangat memasak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.