Kue pukis pandan irit telur

Resep kue pukis pandan irit telur

Kue pukis pandan irit telur

Gak ada bosennya sama kue pukis, yang original aja enak apalagi kue pukis pandan hmm pasti lebih enak. Edisi kue pukis kali ini kue pukis pandan irit telur teksturnya lembut, mengembang, gurih dan harum, cocok banget deh  buat jualan sssttt… jangan kenceng-kenceng ya bacanya nanti kedengeran yang lain kalau jualan kue pukis ini untung bisa 200%. Udah saya itung kok modalnya bahkan saya sempet jualan kue pukis juga, gak percaya? ya gak papa.

kue pukis pandan irit telur
kue pukis pandan irit telur

Aneka toping bisa kita gunakan mulai dari yang original yaitu kacang tanah, mesis, keju sampai toping kekinian seperti cacahan oreo, coklat kitkat, bengbeng, kacang almond dan lain-lain.

Bahan kue pukis pandan
Bahan kue pukis pandan

Lihat resep juga resep lainnya:

Fried chicken 11 bumbu rahasia

Resep singkong keju mekar

Bahan

Telur ayam : 3 butir
Gula pasir : 400 gr
 SP/TBM/Ovalet : 1 sdt
 Terigu protein sedang : 600 gr
 Susu bubuk (optional) : 3 sdm
 Ragi instan/fermipan : 1/2 sdt
 Margarin (cairkan) : 150 gr
 Santan : 550 ml
 Garam : 1/4 sdt
Daun pandan : 3 lembar
Pewarna hijau Secukupnya

Cara buat

Masak santan, sedikit garam dan daun pandan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah sampai mendidih, setelah itu angkat lalu dinginkan.

Masukkan gula pasir, telur dan SP lalu mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental dan kaku.

Mixer telur hingga kaku
Mixer telur hingga kaku

Campur tepung terigu, susu bubuk dan ragi lalu aduk sampai tercampur.

Masukkan secara bergantian antara campuran terigu dengan santan kedalam kocokan telur sedikit demi sedikit lalu aduk dengan whisk balloon atau sepatula sampai tercampur rata (sebaiknya dalam mengaduk jangan pake mixer). Terakhir masukkan margarin cair.

Adonan kue pukis pandan
Adonan kue pukis pandan

Tutup adonan kue pukis dengan kain bersih lalu istirahatkan selama 6 jam. ” ini adalah kunci membuat adonan kue pukis khusus untuk pedagang”. Kenapa permentasinya harus selama 6 jam? ya karena resep ini ragi yang digunakan hanya sedikit sehingga waktu yang dibutuhkan untuk permentasi menjadi lama. Kenapa harus menggunakan sedikit ragi? kenapa tidak ditambahkan saja raginya? ya karena pedagang dalam membakar kue pukis tidak sekaligus, sedikit demi sedikit sambil menunggu pembeli, bahkan bisa jadi adonan akan habis dibakar semua setelah 6-8 jam. Artinya durasi adonan kue pukis harus tahan lama minimal 6-8 jam, lah kalau pake ragi banyak jangankan 6 jam, 2 jam saja adonan mulai asam.

SO.. sekarang jelas ya kenapa orang jualan kue pukis adonanya tahan seharian. Jadi jumlah ragi bisa kita sesuaikan kebutuhan kalau bukan untuk jualan atau ingin dibakar sekaligus bisa kita tambahkan raginya 1 sdt sehingga waktu permentasinya menjadi lebih cepat bisa sekitar 1 jam saja.

Adonan setelah dipermentasi 6 jam
Adonan setelah dipermentasi 6 jam

Setelah adonan diistirahakan/dipermentasi selama 6 jam, aduk-aduk sampai gas dalam adonan kue pukis benar-benar terbuang habis.

Adonan kue pukis yang sudah abis gasnya
Adonan kue pukis yang sudah abis gasnya

Pindahkan kedalam teko
Pindahkan kedalam teko

Pindahkan adonan ke dalam teko biar mudah saat membakar kue pukis.

Membakar kue pukis

Sekarang saatnya membakar kue pukis, panaskan loyang kue pukis dengan api sedang..

gunakan api sedang
gunakan api sedang

Oleskan sedikit margarin pada loyang kue pukis agar tidak lengket saat mengangkat.

Oleskan loyang dengan margarin
Oleskan loyang dengan margarin

Setelah loyang panas tuang adonan jangan terlalu penuh, sisakan sedikit ruang untuk mengembang (kalau terlalu penuh saat mengembang adonan akan tumpah).

Tuang adonan ke dalam loyang
Tuang adonan ke dalam loyang

Segera tutup loyang lalu tunggu sampai setengah matang.

Setelelah setengah matang (kue pukis sudah mengembang tetapi bagian atasnya masih basah tujuannya supaya toping dapat menempel), taburi toping kacang tanah atau keju atau coklat.

kue-pukis toping kacang
kue-pukis toping kacang

kue-pukis-toping keju
kue-pukis-toping keju

Setelah diberi toping segera tutup kembali lalu tunggu sampai kue pukis benar2 matang cirinya bagian bawahnya sudah berwarna kecoklatan.

kue-pukis-pandan-sudah-matang
kue-pukis-pandan-sudah-matang

oleskan kue-pukis dengan margarin
oleskan kue-pukis dengan margarin

Setelah matang pisahkan bagian kue pukis yang menempel lalu angkat. Oleskan margarin dibagian luar kue pukis selagi panas.

Kue pukis siap untuk disajikan.

Okey sobat sudah selesai penjelasan buat kue pukisnya sekarang tinggal melihat tutorial videonya supaya lebih paham lagi  dan jangan lupa llike, comments, share dan subscribe videonya juga ya. Selamat menyaksikan dan terima kasih.

Channel sobat dapur

Please follow and like us:
20

14 Komentar

  1. Assalamu’alaikum..
    Bang sobat.. Untuk adonan pukisnya setelah di fermentasi selama 6 jam..
    Tahan beraa jam lagi sambil nunggu untuk di panggang..?

  2. Bang mau tanya, gimana bang cara nyimpen adonan pukis untuk dijual algi besoknya kalau tidak habis?
    Kebetulan saya mau usaha pukis di palembang.. makasih bang.

      • Hehehe kirim nya jauh sekali… tp makasih lo resep nya lumayan. Sangat mbantu ibu rumah tangga seperti saya, bisa berpenghasilan. Makasih ilmunya semoga bapak dan keluarga makin di limpahkan banyak rezeki dan ttp slalu berkarya di blog, sangat bermanfaat sekali ilmu nya untuk nambah pengahasilan ibu rumah tangga. Sukses

        • Sama-sama bun senang bisa saling bermanfaat, saya juga senang bunda mau mampier ke blog dan channel sobatdapur, semoga sukses usahanya bun, mudah2 dimudahkan juga rezekinya yang halal dan toibah aammmiiinn..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.