Lontong oncom sambal kacang

Lontong oncom sambal kacang
Lontong oncom sambal kacang

Lontong oncom sambal kacang

Lontong oncom sambal kacang makanan kecil tapi mengeyangkan. lontong oncom cocok banget buat buka puasa apalagi pakai sambel kacang, pas banget. Dalam kesempatan ini saya mau membeberkan rahasia pembuatan lontong oncon yang penomenal. Kok lontong aja penomenal ? iya karena dibulan puasa kemaren saya lihat ada pedagang lontong yang dikerebutin orang sampe saya mau cobapun gak kebagian. Dengan semangat pantang menyerah akhirnya saya dapatkan juga 2 lontong plus sekantong kecil sambal kacangnya. Sampai dirumah saya bongkar isi lontongnya ternyata isinya oncom dan daun seledri, sementara sambal kacangnya terasa asam-asam pedas dan gurih. Ternyata ini rahasianya, keesokkannya saya bikin dan hasilnya sama enak dengan penjual lontong oncom yang penomenal itu. Okey gaes ini dia resep lontong oncom sambal kacang dan cara buatnya.

Lontong oncom sambal kacang
Lontong oncom sambal kacang

Bahan isian lontong

Oncom : 2 papan
Cabe rawit : 12 buah
Bawang putih : 2 siung
Bawang merah : 6 siung
Gula putih : 1/2 sdt
Garam : 1/2 sdt
Kaldu bubuk : 1/2 sdt
Daun seledri : 2 batang
Minyak goreng : secukupnya
Daun pisang : 3 lembar

Bahan isian lontong oncom
Bahan isian lontong oncom

Bahan lontong

Beras : 500 gr
Air : 1200 ml
Garam : 1 sdt
Santan : 1 sdm
Daun salam : 1 lembar

Bahan sambal

Kacang tanah : 20 gr
Cabe rawit : 3 buah
Cabe merah : 5 buah
Bawang putih : 1 siung
Gula pasir : 1 sdt
Garam : 1/2 sdt
Asam Cuka : 3-4 tetes

Lihat juga resep kue cucur gula kelapa

Cara buat

Haluskan cabe rawit, bawang putih, bawang merah lalu tumis dengan sedikit minyak yang sudah dipanaskan sampai harum. Setelah itu masukkan oncom yang sudah dihaluskan (dengan cara diremas-remas)masak sampai matang atau berwarna kecoklatan lalu masukkan daun seledri yang sudah dipotong halus kemudian aduk hingga tercampur rata. Matikan kompor lalu angkat oncom dan sisihkan.

Oncom yg sudah matang
Oncom yg sudah matang

Siapkan panci, masukkan air lalu rebus hingga mendidih, kemudian masukkan beras, garam, daun salam. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak beras sampai airnya habis. Matikan kompor.

Setelah beras menjadi aronan, aduk-aduk aronan tadi sampai uapnya hilang. Setelah itu kita siapkan daun pisang yang sudah kita jemur terlebih dahulu, tujuan daun pisang dijemur agar daunnya lemas dan tidak mudah robek waktu pembungkusan. Daun pisang kita robek-robek , sesuaikan dengan besar lontong yang ingin kita buat, biasanya dilebihkan untuk menggulungnya. Jangan lupa disiapkan juga pengikat lontong, biasanya digunakan tali rapiah, tapi sobat dapur kali ini menggunakan tali dari karung beras. Karena lontong ini dimatangkannya dengan cara direbus bukan dikukus, jadi dibutuhkan taliĀ untuk pengikat. Kelebihan lontong yang direbus adalah lontong menjadi sekel dan tidak mudah basi, karena direbus cukup lama.

Sekarang saatnya membuat lontong, ambil selembar daun pisang, isi dengan 1 sendok makan aronan beras,pipihkan isi dengan oncom lalu tambahkan lagi dengan 1 sendok makan aronan beras. Posisi lontong berada di tengah, lalu tutup lontong dengan daun pisang, lipat seperti melipat kertas, padatkan dari atas bisa menggunakan bantuan alat apa saja, sobat dapur menggunakan sumpit kayu, setelah padat gulung gulung daun sampai habis, lipat sisi kiri dan kanan sambil dipadatkan. Setelah itu diikat dengan kencang. Lontong siap direbus.

Pipihkan 1 sdm aronan beras
Pipihkan 1 sdm aronan beras

Pres lontong dengan sumpit
Pres lontong dengan sumpit
lalu lontong digulung
lalu lontong digulung

Tekan bagian ujung-ujungnya
Tekan bagian ujung-ujungnya

Siapkan panci presto, isi air sesuaikan dengan banyaknya lontong yang akan direbus. Masukkan lontong, lontong harus terendam air ya, karena kalau tidak lontong tidak akan jadi. Tutup . Masak kurang lebih 1 jam. Angkat. Hidangkan

Rebus lontong dengan panci
Rebus lontong dengan panci sampai terendam

Cara buat sambel kacang:

Siapkan minyak untuk menumis, goreng kacang tanah, cabe, bawang merah, bawang putih sampai matang. Haluskan, pindahkan ke wadah . tambahkan cuka, garam, gula dan air hangat. Tes rasa. Sajikan

Lontong dan sambelnya udah jadi, siap untuk disantap. Ini makan favorit sejuta umat untuk berbuka puasa, ini juga makanan favorit keluarga sobat dapur, pastinya enaaaak banget. Dicoba yaaa

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video cara buat lontong oncom dibawah ini.

 

Please follow and like us:
20

3 Komentar

  1. Pandai sekali Bang Sobat, dan juga Bang Sobat diberi anugerah mempunyai lidah istimewa bisa mengenal isi makanan, bumbunya dll. Saya hanya kenal asin, manis, dan asam. Saya pernah diberi kue yg. dibungkus diplastik yg. ditaruh dilaci yg. pakai kapur barus.Saya tidak mengenali itu rasanya apa, tapi tidak suka, jadi dilempar kuenya. Kalau teman lain, dia bisa mengenal dan dia bilang kapur barus—

    • Eh si bos.. emang mantab banget nih apalagi ada oncom bandung beh…tapi sayang di jkt oncom bandung susah, btw kalo ada tugas ke jkt mampir bos ntar gw masakin kesukaan u dah..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.