Martabak manis teflon

Martabak manis teflon
Martabak manis teflon

Martabak manis teflon

Martabak manis merupakan makanan legendaris yang tidak pernah ketinggalan zaman, dari dahulu singga sekarang martabak manis banyak digermari orang. Martabak manis adalah ciri khas masakan asli dari Indonesia, berbeda dengan pancake martabak manis memiliki tekstur yang kenyal namun lembut. Ciri martabak manis yang bagus adalah teksturnya berpori-pori atau bersarang rasanya legit, kenyal, lembut, manis dan gurih. Kini sobatdapur menghadirkan resep martabak manis teflon, semua kebaikan yang ada dimartabak manis yang telah disebutkan diatas dibuat oleh sobat dapur dengan menggunakan teflon. Praktis mudah dan cepat, kendati demikian resep ini tidak mengkesampingkan rasa dan tekstur martabak manis seperti yang diolah menggunakan loyang martabak manis pada umumnya.

Martabak manis teflon
Martabak manis teflon

Serat-martabak-manis-teflon
Serat-martabak-manis-teflon

Bahan

Adonan

Tepung terigu proten tinggi 200 gr
Tepung tapioka/Sagu tani 30 gr
Gula pasir 2 sdm (30 gr)
Ragi instan (Fermipan) 1 sdt (4 gr)
Telur ayam 1 butir
Air putih 300 ml
Vanili bubuk 1/2 sdt
Susu bubuk 1  1/2 sdt
Margarin dicairkan 1 sdm
Garam 1/4 sdt

Toping

Mesis Secukupnya
Keju Secukupnya
Kacang Secukupnya
SKM Secukupnya
Margarin/butter untuk olesan Secukupnya

Lihat juga resep brownies bakar cup cake

Cara buat

Membuat biang

Ambil bahan yang ada diresep yaitu satu sendok makan tepung terigu, 1/2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh ragi instan. Aduk dalam satu wadah sambil dituangkan air 75 ml yang sudah dihangatkan (air diambil dari resep), lalu istirahatkan selama 15 menit.

Membuat adonan

Siapkan wadah baskom, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, susu bubuk, vanila bubuk dan gula pasir. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk balloon atau sepatula hingga air habis dan semua bahan tercampur rata. Lalu mixer dengan kecepatan rendah hingga bahan tersebut mengental.

Adonan yang sudah mengental
Adonan yang sudah mengental

Setelah adonan kental singkirkan mixer lalu masukkan telur ayam dan adonan biang lalu aduk kembali dengan whisk balloon atau sepatula sambil dikoprok-koprok sampai adonan kembali agak mencair. Istirahatkan adonan selama 2 jam, tutup dengan kain bersih.

Setelah adonan diistirahatkan selama 2 jam, volume adonan akan mengembang diakibatkan adanya gas yang dihasilkan oleh ragi. Aduk dengan whisk balloon hingga gas-gas yang ada diadonan benar-benar habis sehingga volume adonan akan kembali seperti adonan sebelum diistirahatkan. Semakin lama adonan diaduk-aduk (dikoprok-koprok) semakin bagus tekstur atau sarang martabak yang akan dihasilkan nantinya (kurang lebih selama 10 menit). Adonan yang bagus kekentalannya seperti madu apabila diangkat tidak putus

Ciri adonan yang bagus
Ciri adonan yang bagus

adonan yang kalis akan seperti madu
adonan yang kalis akan seperti madu

Cara membakar

Panaskan teflon ukuran 22 cm dengan api kecil (tidak terlalu panas ya.. jika disentuh oleh tangan tidak terlalu menyengat). Tuang 1/2 adonan sambil diputar dengan centong sayur bagian pinggir teflon sehingga menghasilkan cangkang martabak. Tunggu hingga adonan berpori-pori pada bagian atas, selanjutnya taburi gula pasir secukupnya.

Cara menuang adonan martabak
Cara menuang adonan martabak

martabak yang sudah berpori-pori
martabak yang sudah berpori-pori

Tutup dan tunggu martabak matang (ciri-ciri martabak sudah matang bagian atas sudah tidak basah,  bagian pinggir sudah kering dan warnanya sudah coklat keemasan) kurang lebih 5 menit.

Angkat lalu kelurkan martabak dari teflon, selagi panas segera oleskan margarin secukupnya atau sesuai selera hingga margarin meleleh dan menyerap kebagian dalam martabak. Jika martabak mengembang dan berpori-pori margarin akan mudah menyerap melalui pori-pori martabak tersbut sehingga tekstur martabak menjadi lembut, kenyal dan nikmat. Sebaliknya jika martabak tidak berpori-pori itu artinya martabak tidak mengembang alias bantat. Martabak yang bantat jika diberikan margarin, margarin sulit menyerap kedalam martabak, sehingga tekstur martabak menjadi keras dan tidak enak.

Oleskan margarin selagi martabak panas
Oleskan margarin selagi martabak panas

Setelah dioleskan margarin segera juga berikan toping semisal mesis agar mesis dapat meleleh, karena kalau martabak sudah dingin baru diberi toping semisal mesis, maka mesis tidak akan meleleh. Sementara toping semisal mesis kurang enak kalau tidak meleleh artinya tidak melted. Jika suka keju berikan keju atau toping lainnya lalu berikan susu kental manis setelah itu lipat martabak kemudian potong-potong sesuai selera lalu sajikan.

Toping mesis - keju
Toping mesis – keju

 

Potong-potong lalu sajikan
Potong-potong lalu sajikan

Okey sob… begitulah cara membuat martabak manis teflon yang simpel tapi istimewa. Tonton juga ya video tutorial cara buat martabak manis teflon dibawa ini. Jangan lupa like, comments, share link dan subscribe di channel youtube sobatdapur, dukungan anda adalah keberlangsungan channel kami. Saya bang sobat mengucapkan terima kasih, selamat menyaksikan dan selamat mencoba semoga sukses.

Wassalam

Channel sobat dapur

Please follow and like us:
20

13 Komentar

  1. Assalamualaikum bang sobat, mau tanya untuk teflon martbak mini nya beli dmana ya? Saya cari2 blm nemu yg tebal untuk ukurannya. Terima kasih.

  2. Bang Sobat trimakasih resep martabak teflonnja hasil nja sangat bagus sekali.
    satu jng saja mau tanja,kenapa waktu .Saja tuang susu manisnja,Dia rembes sampai
    kekulit martabaknja.

  3. Assalamualaikum bang sobat, mau tanya nih untuk api nya kecil apa sedang ya, soalnya pernah buat dengan api sedang martabak nya cepat gosong, makasih sebelumnya bang sobat, dari penggemar yg jauh di belanda.

  4. Bang, sebekimnya terimakasih banyak atas resep resep nya, enak enak bang. Tp ada 1 resep martabak yg saya belum bisa berhasil. Sy pakai resep martabak teflon, menggunakan teflon kecil diameter 14cm, apikecil, tp bawahnya selalu gosong. Mohon koreksi bang, agar hasil cakep spt punya abang.

  5. Assalamu’alaikum bang sobat,
    mohon maaf, saya minta jumlah takaran bahan-bahannya dong, soalnya di atas tidak di jelaskan berapa jumlah tepung, air, gula, fermipan, dll.
    Mohon dijawab..
    Terima kasih..

    • Oh iya, adakah whatsapp nya kang sobat untuk mohon petunjuk dan bimbingan nya, kang?

      Oh iya, tulisan resep alias bahan2 di web kang sobat itu tidak terbaca penuh karena terpotong tampilan nya di web kang sobat.

    • Biang itu adalah pengembang atau ragi ( contoh merk fermipan dll ) biasanya lbh sering di pakai untuk membuat roti dan menu kue lainnya agar bisa mengembang 2x lipat dari bentuk asal. Sedangkan adonan biang adalah adonan yg di buat dengan beberapa campuran bahan2 untuk mengaktifkan si ” biang ” ini. Mudah2an lebih kurang infonya terbantu ya mas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.