Peyek kacang jumbo

peyek-kacang-jumbo
peyek-kacang-jumbo

Peyek kacang jumbo

Peyek kacang jumbo adalah salah satu cemilan salah dua celapan kalau salah tiga itung sendiri yang jelas bukan cetuju tapi jauh…he.he. Wajar saja peyek kacang yang garing, kering, keriuk-keriuk banyak digemari orang, karena rasanya gurih dengan ciri khas aroma daun jeruk dan kencur bikin orang gak bisa berhenti makannya. Siapa bilang bikin peyek kacang yang garingnya awet ukurannya besar rasanya gurih itu susah. Dengan sobat dapur memasak jadi mudah tapi…bagi yang sudah bisa he..he.he eit.. don’t worry  yang belum bisa juga bakalan bisa kalau mau ikutin step-stepnya dengan benar.

Saya suka banget cemilan yang kriuk-kriuk gitu selain buat lauk makan, peyek juga bisa nemenin saya waktu ngeblog hehe. Cara buatnya gampang kok asal tau tips n triknya….duluuuu waktu belom bisa mah, bikin selalu melempem kayak kerupuk disiram air, eh setelah bisa jadi bikin terus deh.

Kalau udah bisa , kamu bisa kreasikan isiannya ya..ada peyek kacang, peyek udang, peyek udang rebon, peyek kacang ijo, peyek bayem hmmm apalagi yah…suka suka kamu deh apa aja bisa kok dijadiin peyek asal bahannya tidak mengandung banyak air . oke kita mulai aja yah.

Peyek kacang jumbo
Peyek kacang jumbo
peyek-kacang-jumbo
peyek-kacang-jumbo

Bahan

Kacang tanah : 200 gr
Tepung beras : 250 gr
Tepung tapioka : 20 gr
Air : 300 ml
Telur ayam : 1 butir
Santan instan (santan kara) : sachet

Bumbu

Bawang putih : 3 siung
Kemiri : 4 butir
Ketumbar : 2 sdt
Kencur :1 ruas jari
Daun jeruk : 10 lembar
Kaldu bubuk : 1 sdt
Garam : 1 sdt

Lihat juga resep Bola ubi kopong

Bahan peyek kacang
Bahan peyek kacang

Cara buat

  • Ulek atau haluskan ketumbar lalu bawang putih dan kencur setelah itu kemiri.
  • Iris daun jeruk dengan potongan memanjang.
  • Potong kacang tanah dengan ukuran satu butir kacang tanah dibagi dua.
  • Siapkan wadah baskom masukkan tepung beras, tepung tapioka, garam, kaldu bubuk lalu aduk rata. Masukkan 3/4 air sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan aduk kembali. Selanjutnya masukkan santan kara dan telur ayam aduk lagi. Masukkan sisa air aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Setelah adonan tercampur rata masukkan daun jeruk dan kacang tanah lalu aduk rata. Adonan siap untuk digoreng.

adonan-peyek-kacang
adonan-peyek-kacang

Cara menggoreng.

Panaskan wajan dan minyak goreng dengan api sedang cendrung kecil, tuang adonan dengan centong ke pinggir atas penggorengan sambil dilebarkan. Usahakan saat menuang adonan tidak langsung turun keminyak karena adonan yang langsung turun keminyak akan menjadi tebal, menumpuk dan tidak bisa tipis, sehingga nantinya peyek tidak bisa garing.

Tuang adonan ke pinggir wazan
Tuang adonan ke pinggir wazan

Siram-siram adonan yang menempel di pinggir atas penggorengan dengan minyak yang sudah panas sampai adonan turun dengan sendirinya.

Siram peyek dengan minyak
Siram peyek dengan minyak

Tunggu beberapa saat lalu balik peyek. Goreng peyek sampai minyak tenang (sudah tidak ada gemeritik-gemeritik pada minyak), ini indikasi kandungan air pada peyek sudah habis yang menjadikan peyek akan garing dan tahan lama keriuknya. Angkat peyek lalu tiriskan.

 

Goreng minyak sampai minyak tenang
Goreng minyak sampai minyak tenang
Peyek matang dengan warna coklat keemasan
Peyek matang dengan warna coklat keemasan

Oke bunda/panda, encang/encing, enya/babe semuanye, resep peyek kacang jumbo sudah selesai, tinggal dipraktekin nih, gampangkan?. Nah untuk lebih gampangnya lagi lihat deh video tutorialnye, jangan lupa ye, biasa…dukung kami dengan like, share, commen dan subscribe videonye, biar gak ketinggal resep baru yang akan datang. Sampe disini dulu terima kasih atas dukungannya, sampai jumpa.

Channel sobat dapur

Please follow and like us:
20

11 Komentar

  1. Bang Sobat, saya tadi menulis tanga membaca resep seluruhnya dari bika ambon. Semua ada disitu. Saya sekarang mengerti ttg. hal oven-nya. Jadi adonan dimasukkan dioven dingin, baru dinyalahkan apinya, nah ini tidak ditulis, dinyalahkan api bawah berapa derajat? Juga untuk mendapat 150 derajat? dan pintu jangan ditutup.
    Sesudah 30 menit, api bawah dimatikan, dirubah api atas, juga 150 derajat, pindahkan ke rak atas dan tutup pintunya. Sesudah 15 memat cek sudah bewarna kecoklatan? Kalau belum, panggang lagi 5 menit, kalau sudah kecokatan warnanya, bika ambonnya sudah selesai.
    Dan ada sesuatu lagi. Saya bisa menterjemahkan resep kalau anda mau, tapi kirim ke email saya, lalu saya terjemahkan line by line. Jadi saya akan membuat line kosong dibawahnya untuk terjemahannya, maka harus kirim resepnya di email saya. Kalau mau, Bang sobat bisa coba dulu, dan kirim resep ke alamat email saya. Saya member dari blog anda.–

  2. Ass bang mo tanya gula yg di haluskan sama gak ama tepung gula yg biasa buat donat gt , untuk buat ubi bola kopong kan pake gula yg di haluskan gt trimaksih bang wslm aye

  3. Ass bang kok buat bika ambon pake kunyit apa gak ntr rasanya kayak jamu gt hehehe kalau pake rasa buah2 pasta bisa gak ok bang makasih wslm aye

  4. Ass bang kok nasi uduk betawi gak pake sambal kacang ama bihun/mie goreng sih bang ini betawi mana ni hehehehe , bang ada gak resep doclang bogor ama toge goreng bogor makasih bang wslm aye

  5. Sy mau mencoba buat dimkn dlu klo sdh ok akan sy coba buat nambahin dagangan saya..terima kasih resep peyek jumbony bang

  6. Assalamu’alaykumww
    Bang sy mau coba kayanya ok sekali
    N sy mau tanya bagaimana cara menggoreng telor gabus manis atau telor gabus kiju
    Sy kalau menggoreng tdk lama sdh lembek balik padahal awal nya garing sekali
    Kalau abang tau bagaimana cara menggoreng nya agar tahan tdk lembek (tdk umes)
    Terima kasih sblm nya bang so bat
    Oh ya sy selalu mengikuti acara abang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.