Resep pare gondrong garing dan tidak pahit

Keripik pare gondrong garing & tidak pahit
Keripik pare gondrong garing & tidak pahit

Resep pare gondrong garing dan tidak pahit

Assalamua’alaikum kali bang sobat punya ide bisnis nih..bikin snack atau cemilan yang murah meriah dan pastinya enak yaitu Resep pare gondrong garing dan tidak pahit. Keliebihan resep pare gondrong garing dan tidak pahit yaitu garingnya tahan lama bisa sampai 1 bulan, rasa pahitnya sudah hilang dan yang gak kalah penting gurihnya enak banget. Karena diresep ini bang sobat menggunakan bumbu tabur yang diperoleh dari bumbu tabur OmaEmi bisa beli di bumbutabur.net, atau bisa juga di:

🌷Toped:bumbutabur
🌷Shopee:bumbutabur.net
🌷 Ig @bumbutabur
🌷 Bukalapak : bumbutabur.net
🌷 Email:admin@bumbutabur.net🌷 Toko : Ruko Griya Bintara blok AA no 1-2 bintara Bekasi Barat (Patokan depan RSIA selasih)

🌷YouTube channel: Dapur Omaemi

Bumbu tabur Omaemi
Bumbu tabur Omaemi kemasan alumunium foil

Bumbu tabur Omaemi
Bumbu tabur Omaemi Chilli pedas level 15

Chilli pedas level 15
Bumbu tabur Omaemi rasa rendang

Varian rasanya juga banyak ada 100 macam lebih varian rasa. Jadi cocok untuk berbagai macam snack, gorengan dan keripik-keripikan. Diresep ini bang sobat pake rasa rendang dan chilli pedas level 15. Kemasan bumbu tabur OmaEmi ini menggunakan alumunium foil juga sudah ada sertifikasi P.IRT jadi Insya Allah sudah aman untuk dikomsumsi. Langsung aja ya ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep pare gondrong garing dan tidak pahit:

Bahan

Pare : 2 buah ukuran besar
Bumbu tepung basah
Tepung beras : 100 gr
Tapioka : 25 gr
Bawang putih : 2 siung
Ketumbar : 1 sdt
Garam : 1/2 sdt
Kaldu bubuk : 1/2 sdt
Telur ayam: 1 butir
Santan instan : 1 sdm
Air : 150 ml
Tepung kering
Terigu Protein tinggi (cakra kembar ) : 400 gr
Tepung maizena : 20 gr
Minyak untuk menggoreng : 2-3 kg
Air rendaman pare
Air bersih : 1,5 ltr
Garam : 2 sdm
Air rendaman kapur sirih : 1/2 sdt
Air panas : 1 ltr
Bumbu tabur : Rasa rendang dan chilli level 15 sesuai selera

Cara masak

Siapkan wadah untuk kapur sirih lalu rendam kapur sirih dengan air kurang lebih 100 ml, aduk-aduk lalu biarkan selama 15 menit atau lebih sampai kapur sirih mengendap. Nanti yang kita gunakan air rendaman kapur sirihnya saja.

Potong pare menjadi 2 bagian, lalu buang isinya, kemudian iris tipis-tipis bisa menggunakan pisau atau lebih enaknya pake alat pengiris supaya ketebalannya sama juga hasilnya benar-benar tipis.

Rendam pare dengan air sebanyak 1,5 liter, beri garam 2 sdm dan air rendaman kapur sirih. Diamkan selama 1 jam, setelah itu bilas dengan air bersih sebanyak tiga kali. Terakhir rendam kembali dengan air panas yang mendidih kurang lebih 15 menit. Setelah itu tiriskan dan pare siap untuk ditepungin.

Cara membuat adonan pencelup (adonan basah)

Masukkan tepung beras dan tepung tapioka lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata, lalu masukkan bumbu yang terdiri dari bawang putih, kemiri, ketumbar yang sudah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, santan kemasan dan telur ayam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada yang bergerindil-gerindil. adonan basah siap dipakai

Cara membuat adonan kering

Campur tepung terigu protein tinggi dan tepung maizena aduk hingga tercampur rata

Panaskan minyak dengan api sedang, gunakan minyak yang cukup kurang lebih 2-3 liter.

Masukkan pare kedalam adonan pencelup lalu angkat kemudian masukkan ke adonan kering. Aduk-aduk sambil sedikit diangkat-angkat tapi jangan diremas-remas. Setelah pare terbalut dengan tepung kering dan sudah mulai kelihatan keriting. Pare sudah siap untuk digoreng.

Setelah minyak goreng panasnya sudah 150 C, pare bisa langsung digoreng. (Ciri-ciri minyak yang sudah cukup panas yaitu apabila pare dimasukkan kedalam minyak tidak lama kemudian pare langsung naik kepermukaan minyak. Masukkan pare satu per satu supaya tidak menggumpal. Setelah berwarna kuning keemasan atau setelah minyak goreng tenang (tidak belebek-belebek red.) artinya pare sudah kering dan dipastikan itu sudah garing. Angkat lalu tiriskan.

Setelah pare dingin tuangkan bumbu tabur (disini bang sobat gunakan rasa rendang dan chilli level 15) secukupnya sesuai selera, aduk-aduk/kocok-kocok hingga bumbu tabur merata pada pare. Agar pare garingnya tahan lama masukkan kedalam kemasan plastik lalu tutup rapat. Beri label langsung bisa dijual.

Demikian resep pare gondrong dan tidak pahit.. selamat mencoba..selamat berjualan semoga sukses.

Lihat juga resep ayam geprek krispy sambal bawang

O..ya untuk lebih jelasanya silahkan lihat video tutorialnya dibawah ini;

Please follow and like us:
20

1 Trackback / Pingback

  1. Resep anak gurita - Sobat dapur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.