Resep singkong keju mekar

singkong keju mekar
singkong keju mekar

Resep singkong keju mekar

Banyak yang salah kaprah tentang resep singkong keju mekar. Mana kejunya? Kok gak ada kejunya? Kejunya dimana…? tenang-tenang ini cuma masalah nama aja kok. Mungkin karena teksturnya yang empuk, legit,dan crunchy  maka si abang berinisiatif memberikan nama singkong keju.Jadi udah gak ada pertanyaan lagi ya masalah keju nya.

singkong keju mekar
singkong keju mekar

Untuk membuat resep singkong keju mekar ini, tidak semua jenis singkong bisa dipakai loh. Dari bertanya ke  abang gorengan, sampai brosing-brosing diinternet juga mencoba jenis-jenis singkong akhirnya saya tahu bahwa jenis singkong yang dipakai adalah jenis singkong cemani. Singkong ini mempunyai kulit dalam yang berwarna merah. Bila kita kupas bagian luarnya, nanti akan terlihat kulit merahnya.

Jenis singkong keju mekar
Jenis singkong keju mekar

Setelah kita mendapatkan singkong yang berkulit merah, kita juga harus perhatikan bagian dalam singkongnya. Singkongnya harus yang warnanya putih mulus, kadang kan singkong ada yang berwarna kehitam-hitaman, sebaiknya jangan dibeli karena sudah dipastikan tidak akan berhasil kalau dibuat singkong keju. Singkong yang bertekstur empuk, biasanya ditanam ditanah yang gembur dan umur singkong tak lebih dari 6 bulan . Banyak ya ternyata  syarat-syarat singkong yang bisa dijadikan singkong keju mekar. Biasanya kalau tukang gorengan singkong sih sudah ada pemasok tetap singkongnya, pasti singkongnya bagus .

Lihat juga resep lainnya :

Gorengan tempe krispy

Donat ekonomis super lembut

Bahan

Singkong :2 kg
Bawang putih :4 siung
Kaldu bubuk :9 gr /1 bks
Garam :4 sdt
Air es :1,3 liter

Cara buat

  • Oke kita mulai ya cara pembuatannya, pertama-tama kita kupas singkong sampai bersih, terus kita potong-potong sesuai selera ya, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Rendam pada air bersih biasa selama 1 jam.

Rendam singkong 1 jam
Rendam singkong pada air bersih  1 jam
  • Setelah direndam selama 1 jam, singkong kita goreng setengah matang dengan api sedang dan minyak panas, pastikan seluruh singkong terendam minyak . Hal yang perlu diingat juga jangan menggoreng singkong terlalu lama atau terlalu berwarna kecoklatan karena akan menyebabkan singkong menjadi hancur ketika direndam air bumbu nanti.

Goreng singkong 1/2 matang
Goreng singkong 1/2 matang
  • Buat air bumbu rendaman singkong yaitu, siapkan wadah baskom masukkan air es dan masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk ayam dan garam, lalu adu-aduk hingga tercampur rata dan garam larut pada air.
  • Masukkan singkong yang setengah matang itu kedalam air bumbu selama 2-3 menit pastikan singkong benar-benar terendam, nanti akan terlihat singkongnya mekar perlahan-lahan, air bumbu akan diserap oleh singkong, ini menandakan kalau singkongnya pasti akan berhasil dan menjadi singkong keju mekar.

Rendam singkong 2-3 menit
Rendam singkong 2-3 menit
  • Setelah itu goreng singkong kembali dengan minyak panas dan api sedang, bila sudah tampak kecoklatan segera angkat dan tiriskan.

singkong keju mekar sudah jadi
singkong keju mekar sudah jadi
  • Taraaa..singkong keju mekarnya udah jadi deh. Kulit luarnya crunchy, tapi dalamnya lembut dan legit. Gimana gampang kan? Ayuk dicoba dirumah, tinggal kita cari singkong yang bagus terus buat deh. Resep ini juga bisa loh dibuat usaha singkong keju mekar. Selamat mencoba yaaa…..semoga berhasil…

Lebih jelasnya simak deh video tutorial resep singkong keju mekar dibawah ini. Supaya sobat gak ketinggalan dengan resep-resep berikutnya jangan lupa videonya di like, comments, share dan subscribe juga aktifkan loncengnya biar ternotifikasi ketika ada video baru. Oke selamat menyimak videonya semoga berhasil saat mencoba nanti, terima kasih.

Channel sobat dapur

Please follow and like us:
20

5 Komentar

  1. presentasinya cara masaknya cukup lengkap cuma Mohon infonya :
    dimana lokasi tempat penjualan singkong cemani untuk daerah jakarta dan
    sekitarnya ?
    Terima kashih atas jawabannya.

  2. ternyata mudah dan kelihatan enak saya blm praktek tp kl hasil nya enak bisa jadi saya mau dagang singkong keju, Terima kasih sangat meng inspirasi sekali

    • Yah memang gampang banget yang penting dapetin singkong yang bagus, biasanya kalau tukang singkong keju punya langganan singkong yang bagus, coba tanya sama mereka belinya dimana siapa tau dikasih tau

1 Trackback / Pingback

  1. Resep rahasia singkong keju mekar tukang gorengan - Aneka resep

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.